Jurnal Penyesuaian

Kamis, 28 Oktober 2010

Ekonomi Syariah Kelas A dan B.

Andaikan saja neraca saldo sudah memuat segenap informasi yang berkaitan dengan laporan keuangan yang hendak disusun, maka dapatlah laporan keuangan disusun dari neraca saldo tersebut. Kenyataannya, neraca saldo belum menyajikan segenap informasi untuk menyusun laporan keuangan, sehingga perlu penyesuaian. Prosedur penyesuaian merupakan prosedur pada akhir periode untuk menyesuaikan rekening yang belummenyajikan informasi yang paling up to date.
Untuk memahami secara konseptual perlunya prosedur penyesuaian, maka perlu memahami konsep dasar (asumsi) periodisasi berikut ini.
Asumsi periodisasi adalah periode waktu akuntansi yang mengharuskan kita untuk membuat penyesuaian.
Penjelasan: Misal kita diharuskan menyusun laporan keuangan yang dibuat setiap periode (tahunan). Sebagai konsekwensinya, maka para akuntan membuat 1 asumsi (konsep dasar) bahwa umur perusahaan dapat dipenggal-penggal menjadi periode-periode yang sifatnya artificial/buatan.

Pentingnya Penyesuaian

  • Jurnal penyesuaian dibuat pada akhir periode akuntansi untuk memastikan bahwa pendapatan diakui pada periode diperolehnya, dan biaya diakui pada periode terjadinya.
  • Penyesuaian memungkinkan untuk melaporkan posisi aktiva, utang dan modal di neraca pada tanggal neraca dan untuk melaporkan jumlah rugai atau laba yang wajar di laporan rugi-laba.

Neraca saldo yang kita pelajari sebelumnya mungkin belum memuat data laporan keuangan yang up to date, karena alasan-alasan berikut:

  1. Kejadian-kejadian tertentu, seperti pemakaian bahan habis pakai, tidak dijurnal setiap hari karena penjurnalan demikian tidaklah praktis.
  2. Biaya yang terjadi karena berlalunya waktu, misalnya berkurangnya nilai manfaat gedung, persekot sewa dan asuransi, tidak dijurnal selama periode akuntansi.
  3. Beberapa pos, misalnya biaya listrik. Mungkin belum dicatat karena tagihan dari PLN belum diterma.

Silahkan anda pahami, bila terdapat pertanyaan, silahkan anda tuangkan dalam koment.

47 komentar:

Carine 28 Oktober 2010 08.33  

assalamu'alaikum pag . .
sayya karin

Carine 28 Oktober 2010 08.39  
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Carine 28 Oktober 2010 08.53  

pak ,
kan laporan harus d.slesaikan pd harii itu jg , tpi knpa pada poin 1 neraca saldo, bahan habis pakaii tidag d.jurnal ?
apa tidak brpengaruh pd laporan trsebut pada harii itu ?
dan mengapa hal trsebut d.pandang tidak praktius untuk dijurnal ?

selaiin 3 alasan mengapa neraca saldo belum memuat hal" yg up to date adda lagii ga ??

abdul 28 Oktober 2010 09.00  

pak disitu masih belum saya temukan fungsi dari neraca saldo tersebut,, trus apakah neraca saldo jadi final dalam kegiatan akuntansi kita??? (M Abdul Qodiir R)(ESA)(C34209032)

rayap 28 Oktober 2010 09.07  

Fahmi F - ESA
Pak, knpa asumsinya, umur perusahaan dpt dipenggal-penggal?

ikhwan 28 Oktober 2010 09.20  

assalamu'alaikum pak..
jadi JP tu d buat hanya pada akhir tahun y pak..!!!

kemudian tolong beri contoh transaksi seperti apa yg dpt dimuat di JP dan akun-akun apa yg terdapat di dlamnya..??
trima kasih pak..

moch. ikhwan ali rofiqi (ESB)

wakeup 28 Oktober 2010 09.44  

berarti pada akhirnya dpt dirumuskan:
neraca saldo + jurnal penyesuaian = laporan keuangan

tp apakah jurnal penyesuaian itu mutlak adanya?
dan apakah tanpa jurnal penyesuaian, laporan keuangan mjd tdk valid?

Toni ES B

lemon_squash 28 Oktober 2010 09.48  

assalamu'alaikum pak,

dari penjelasan diatas, dijelaskan bahwa alasan kemungkinan neraca saldo mungkin belum memuat data laporan keuangan yang up to date, salah satunya adalah seperti pemakaian benda habis pakai, tidak dijurnal setiap hari karena penjurnalan demikian tidaklah praktis.
yang saya tanyakan: mengapa pemakaian benda habis pakai tidak di jurnal setiap hari?
padahal itu kan termasuk transaksi juga?

Ryan.Anggraeni(C04209059)/ ES.B

lemon_squash 28 Oktober 2010 10.03  

assalamualaikum pak,

pada penjelasan mengenai Neraca saldo yang mungkin belum memuat data laporan keuangan yang up to date, karena alasan-alasan di atas.

terus bagaimana ketika terjadi kehilangan bukti rekening, padahal sudah terjadi transaksi.sehingga belum up to date-nya laporan keuangan.apakah itu termasuk dalam penyesuaian?
dan bagaimana sistem pencatatannya?


Tyas Purwanti
C04209060 ( ES.B )

lemon_squash 28 Oktober 2010 10.12  

Assalamu'alaikum.......
yang ingin saya tanyakan..
apa perbedaannya antara jurnal penyesuaian dan neraca saldo?
Wassalamu'alaikum
yuli farida(C04209065) Es B

lemon_squash 28 Oktober 2010 10.14  

Assalamu'alaikum pak
saya firstya ,...
pak saya sepakat dengan penjabaran bapak mengenai jurnal pennyesuaian. tapi yang saya tanyakan apakah jurnal penyesuaian itu dapat dikatakan juga sebagai pencatatan akun yang belum tercatat atau pun pencatatan atas akun yang mengalami penyusutan tapi belum di catat di dalam proses penyusunan laporan keuangan. terima kasih wassalamu'alaikum
nama: firstya
NIM: C04209063

fitro_cute 28 Oktober 2010 10.15  

assalamualaikum.....

pak apa maksud bahwa umur perusahaan dapat dipenggal-penggal menjadi periode-periode yang sifatnya artificial/buatan.

fitrotul ummamah
C34209001 ESB

lemon_squash 28 Oktober 2010 10.19  

assalamualaikum pak?
pak yang saya ingin tanyakan.
kelebihan dan kekurangan antara jurnal penyesuaian dan neraca saldo apa pak ya?


Nazilatul muna
C04209067{ES.B}

wakeup 28 Oktober 2010 10.22  

SALAM...SEMANGAT PAGI PAK!!!
pak saya suka dengan sikap bapak yang terbuka,dan penyampaian teori akutansi,dan saya juga ingin bisa pengantar akutansi,,tapi saya sering bingung dalam meletakkan acount ke dalam kredit atau debet...jadi saya pinginnya dikasih lebih banyak pada latihan,latihan,dan latihan...bukan kuis,kuis,dan kuis teruus..tapi kok ndak ada hadiahnya ya pakk..sukron ya pak..

Aji prasetyo(C04209098)/ES.B

fitro_cute 28 Oktober 2010 10.31  

askum

pak kalo jurnal penyesuaia tdk sama dgn jurnal umum ato neraca saldo gmn? di tulis ulang kagi apa gmn?

fitro_cute 28 Oktober 2010 10.32  

askum

pak kalo jurnal penyesuaia tdk sama dgn jurnal umum ato neraca saldo gmn? di tulis ulang kagi apa gmn?

khotijah (choti)esb

lemon_squash 28 Oktober 2010 10.33  

Assalamu'alaikum.wr.wb
pak,.. saya sudah membaca jurnal bapak mengenai jurnal penyesuaian,.. yang ingin saya tanyakan apa fungsi yang mendasar dari jurnal penyesuaian dan bagaimana kalau ada kasus pencatatan akun mobil perusahaan yang di jual kembali untuk keperluan operasional perush. apakah kasus ini njuga bisa di catat dalam jurnal penyesuaian ?
terima kasih
nama: nurul amalia
kelas: ES.B / C04209066
wassalamu'alaikum wr wb

wakeup 28 Oktober 2010 10.33  

assalamu'aikum bapak buche' ...

pak apa laporan keungan itu hanya dapat diambil dari neraca saldo saja pak ?

trz , akhir periode itu ga harus selalu akhir tahun kan pak ?? kalo akhir bulan atau akhir minggujuga bisa dipakai untuk akhir periode juga pak ??

setelah saya baca komentar dari aji , saya setuju dengan usukan aji .. klo ada anak yang mendapat nilai bagus saat kuis , dikasih hadiah aja pak buat semangat ..

terima kasih.. sekian
wassalammu'alaikum..

M.Masrifan Nur Fuadi (C34209033) / ES.B

fitro_cute 28 Oktober 2010 10.37  

Asslmualaikum....

pak saya mau tanya knp msi perlu jurnal penyesuaian kan sudah ada jurnal umum dan khusus....??????

Tias Ningwulan AN (wulan)
C04209100
ESB

fitro_cute 28 Oktober 2010 10.39  

ass


pak sya dyah nita Rahmi
ESB

muhammad 28 Oktober 2010 10.42  

Assalamu'alaikum, Pak Buch....
Saya Muhammad Affandi, Kelas ES-A
Saya mau bertanya tentang pentingnya dari jurnal penyesuaian dalam pencatatan akuntasi di perusahaan.
Pertanyaannya:
1. Bagaimana kalau jurnal penyesuaian tidak tercantumkan/tidak dituliskan dalam pencatatan akuntasi di perusahaan?
2. Apakah ada dampak yang ditimbulkan???tolong Jelaskan!

wakeup 28 Oktober 2010 10.43  

salam ,,

perbedaan antara jurnal penyesuaian dengan neraca saldo itu terletak di mananya ??

dan jurnal penyusaian itu di buat akhir tahun , mingguan atau bulanan ,,??

dedi yuwanzah (34209035) / ES-B

lemon_squash 28 Oktober 2010 10.45  

askum bpaaak..............
sy blum ngerti ap bedany neraca saldo sma jurnal yang qt buad kmren???



fitri_virdiany ESA
C04209051

Nisfu 28 Oktober 2010 10.47  

pak ap yg di maksud dengan kalimat:
bahwa umur perusahaan dapat dipenggal-penggal menjadi periode-periode yang sifatnya artificial/buatan.

mhn penjelasannya..
nisfu romadon ES-A

lemon_squash 28 Oktober 2010 10.48  

askum bpk buche'.............sy mo txak ,lbh spesifik mn antra jurnal n nerca saldo?




faizatul fitriyah
ESA c04209055

rorry 28 Oktober 2010 11.07  

Assalm Bapak Buche.
Jadi tiap akhir periode harus dibikinkan juga jurnal penyesuaian.
apakah penulisan rekening2 pada jurnal penyesuaian sama halnya dengan rekening jurnal biasa yang diposting ke buku besar ?
terimakasuh.
Rorry ESA (M.Aulia Urrahman / C04209094)

wakeup 28 Oktober 2010 11.14  

asalamualaikum..........
pa kredit n debit yg sma tu pasti 100 persen bnar?

trs bgaiman mnqnggulangi ksalahan yg fatal dalm nerca saldo?

akhma setia budi (ESB)

vikky_XIV 28 Oktober 2010 11.29  

pak bucheee.........
apa perbedaan antara jurnal penyesuaian dengan neraca saldo??

viki ESA (C04209089)

vikky_XIV 28 Oktober 2010 11.32  

pak buchee..
apa perbedaan antara jurnal penyesuaian dengan neraca saldo?

viki ESA (C04209089)

poe3_ayuk 28 Oktober 2010 11.58  
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
poe3_ayuk 28 Oktober 2010 12.06  

pak terus bedanya gimana kalo misal kita membuat laporan keuangan itu harian, mingguan atau bulanan????
untung ruginya gimana dengan yang laporan tahunan???

Ayu Dwi M. ESA
C34209027

Cah 28 Oktober 2010 12.08  

assalamu'alaikum bpak buche
saya msih bngung dengn ap itu nrca saldo...
trs apkah nrca sldo ini mrpakan swtu lnjutan dr pnbatan bku bsar yang kmrn..?
mhon pnjlasannya.
trma ksih p.Buche...
Mar'atus S. (c04209093)
ESA punya...

Muhammad 28 Oktober 2010 12.19  

assalamualaikum bapak,,,

disini yang saya tanyakan,,

Apakah setiap pembuatan jurnal penyesuaian harus memahami konsep dasar ( asumsinya)?
Terima kasih bapak,

dari: M.nadlir/ESA

En Ce 28 Oktober 2010 12.28  

askum...
emm... intinya saya masih bingung dengan apa yang Bapak tulis di atas, jangankan neraca saldo jurnal saja saya masih rada mbulet, hehee... biasa anag IPA masih perlu penyesuaian, apalagi dengan yang namanya akuntansi....
tapi tenang saja itu bukan menjadi alasan untuk tidak mengikuti kuliahnya P,Buche. pokok'e tetap SEMANGATTT........!!!!!!
tapi ada yang mau saya tanyakan, apakah hanya ada tiga alasan di atas yang menyebabkan neraca saldo belum bisa memuat data laporan keuangan yang up to date...???
wassalam
Nur Cholidah (C04209088)
ESA Reeg....

husnul 28 Oktober 2010 12.31  

Husnul Yaqin

Apa poin ke 3 itu termasuk dalam transaksi akuntansi ?

husnul 28 Oktober 2010 12.52  

mci agak bingung paak..
yg kmren quiz lum mteng...



Roi'atul wardah (ESA)

alim 28 Oktober 2010 13.11  

Assalamu’alaikum,,
Pak,,Apa maksud dari “para akuntan membuat 1 asumsi (konsep dasar) bahwa umur perusahaan dapat dipenggal-penggal menjadi periode-periode yang sifatnya artificial/buatan”
Maksud dari “memenggal” itu apa? Apakah laporannya dipisah-pisah perbulan atau jenis laporannya atau Bagaimana?
AHMAD NUR ALIM (ES-B) / C34209039

liffaturrohmah 28 Oktober 2010 13.26  

askum ...
saya masih bingung ttg jurnal penyesuaian bagaimana bedanya jurnal penyesuaian dengan neraca saldo????

lifaturrohmah - ESA
C04209053

faizatul fitriyah 28 Oktober 2010 13.41  

askum bapakkkk....
saya mau tanya apa keunggulan jurnal dan neraca saldo????


faizatul fitriyah - ESA
C04209055

sukaplastik 28 Oktober 2010 13.43  

selamat siang bapak....
semoga hari ini menjadi hari yang menyenangkan buat pak buche.

saya ada pertanyaan tentang
"Penjelasan: Misal kita diharuskan menyusun laporan keuangan yang dibuat setiap periode (tahunan). Sebagai konsekwensinya, maka para akuntan membuat 1 asumsi (konsep dasar) bahwa umur perusahaan dapat dipenggal-penggal menjadi periode-periode yang sifatnya artificial/buatan"

di dalam penjelasan tersebut dijelaskan bahwa para akuntan diharuskan membuat konsep dasar, lalu maksud dari konsep dasar dari tulisan itu apa bapak?
dan apa akibatnya ketika akuntan itu tidak membagi periode-periode tahunan dalam perusahaan dalam menyusun jurnal penyesuaian?

terma kasih.
Zulfikri Fahmi ES - B
C04209064

faizatul fitriyah 28 Oktober 2010 13.55  

pak saya nau tanya dalam neraca itukan udah ditulis transaksi-transaksi, tapi kenapa maih harus membuat jurnal????

nita aminatus s - ESA
C04209092

cholisa_ajah 28 Oktober 2010 15.12  

assalamualaikum wr.wb pak...
dari penjelasan di ats, di jelaskan misalnya kita menyusun laporan keuangan yang di buat setiap periode. pada konsekwensinya para akuntan membuat 1 asumsi bahwa umur perusahaan dapat dipenggal-penggal menjadi periode-periode yang sifatnya buatan. saya masih kurang faham maksud umur perusahan yang dapat di penggal-penggal, mohon penjelasannya dan tolong di beri contohnya?

cholisa amalia/C34209040 (ESB)

Carine 28 Oktober 2010 20.18  

pag bucheee' . .
yg posting prtama itu sayaaaa . .
karina dyantamy putrie ESA hhehehhe . . .

kug ga d.bales yy pag ???

mukhamad 28 Oktober 2010 20.30  

pak sory telat tadi ada acara sumpah pemuda, makmur (C04209052) ma' lum ada performen art di teater, pa apakah 1 priode harus satu tahun untuk bahan laporan, terus gimana kalu ada pempelanjaan yang sifatnya bulanan atau harian , apa bila laporan hanya 1 priode 1 th maka akan memberatkan peagai itu kannn, maksud dari perusahaan yang sudah umaur tua giaman maksudnna, kurang paham

fadly_ers24 28 Oktober 2010 21.08  

ass,,,,
pak kami butuh contoh jurnal penyesuaian..!!! makasih pak...
by:zulfadly A.(ES'A)

abdul 28 Oktober 2010 23.10  

jika neraca saldo telah sesuai dengan informasi yang telah dibutuhkan, apakah proses penyesuaian tidak dilakukan??? (Kamila Nurjannah) ESA

poe3_ayuk 18 November 2010 20.24  

aduuuhh pak... teorinya sekilas tu gampang bangetd kayaknya, tapi kok aplikasi perhitungannya susahhh banget ya pak. aduh capek dech.
sebenarnya aq suka ma akuntansi, tapi kok jadi agak sereem gt yaaaaa????!!!!

kenapa proses pencatatan akuntansi tu panjang banget ya pak???, apa gak da yang simple ja gt?

ayu dwi mayanti putri
C34209027
ESA

Posting Komentar

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP